Senin, 11 Juni 2012

PESONA AIR TERJUN TIU KELEP LOMBOK

PESONA AIR TERJUN TIU KELEP
Air Terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian 42 meter dan bertingkat-tingkat.  Terjunan airnya cukup deras dan besar dengan kolam yang terbentuk di bawahnya tidak begitu dalam hanya sepinggang orang dewasa.  Juga dasar kolam yang lembut dan datar memungkinkan pengunjung dapat berenang.  Selain itu menurut mitos yang beredar jikalau mandi di air terjun ini akan menyebabkan awet muda.


Dalam bahasa Sasak yang merupakan bahasa sehari-hari masyarakat Lombok, tiu berarti kolam, sedangkan kelep bermakna terbang. Terjemahan bebasnya adalah kolam tempat buih-buih air beterbangan. Pada saat-saat tertentu, butiran air yang beterbangan itu memunculkan pelangi di ujung air terjun. 
 Air terjun ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dengan sumber airnya berasal dari Danau Segara Anak di puncak gunung Rinjani.  Lokasi Air Terjun Tiu Kelep Terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat. erjarak kurang lebih 60 km (di tempuh 2 jam) dari ibu kota Mataram ke arah utara atau setengah kilo (1 jam perjalanan dari Air Terjun Sendang Gila berada. 


Kondisi jalan menuju air terjun ini kurang baik dengan menyusuri jalan setapak berbatu-batu, menembus hutan, naik turun beberapa batu besar dan batang pohon, menyeberangi sungai yang berbatu-batu licin dan agak deras arusnya.  Disarankan jika ingin menuju kesana untuk menyewa penunjuk jalan (guide) yang disediakan di pintu masuk atau membawa teman yang sudah pernah kesana.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar